Cek Apa Saja Sayuran Hijau yang Boleh Dimakan Penderita Asam Urat

21 komentar


Sayuran Hijau yang Boleh Dimakan Penderita Asam Urat

Selesai cuci piring mendadak jari kelingking sebelah kanan nyeri, terutama di bagian sendi. Saya Pun curiga, apakah ini karena asam urat? Besoknya saya cek kadar asam urat di puskesmas sekalian antar si bungsu kontrol gigi. Hasilnya? Normal, angka kadar asam urat saya di angka 3,6 mg/dL.

Tapi lain halnya dengan ibu mertua saya yang memang memiliki asam urat. Beliau sering mengeluh pegal pundak dan jari kaki. Terlebih setelah mengkonsumsi lotek makanan favoritnya yang mengandung kangkung.

Tapi, benarkah ada makanan penyebab asam urat seperti kangkung? Yuk baca selanjutnya untuk mengetahui apa itu asam urat, gejala dan sayuran hijau yang boleh dimakan penderita asam urat.


Asam Urat Adalah


Dikutip dari alodokter, asam urat atau disebut juga gout adalah nyeri sendi berat yang disertai kemerahan, bengkak, dan rasa hangat di sendi.

Sementara menurut Wikipedia, asam urat adalah senyawa turunan purina yang jika kadar dalam dalam plasma darah tubuh manusia berlebih atau kekurangan, menjadi indikasi adanya penyakit atau gangguan pada tubuh manusia yang menyebabkan nyeri sendi.

Asam urat atau gout yang berlebih akan berubah menjadi kristal yang menumpuk di persendian, inilah yang menyebabkan sendi terasa nyeri dan terasa agak panas.

asam urat adalah
Pengertian asam urat


Gejala Asam Urat


Gejala utama penyakit asam urat adalah nyeri di persendian, namun nyeri yang seperti apa? Karena bisa jadi nyeri yang dirasakan adalah pegal biasa akibat aktivitas berat. Menurut alodokter, berikut ciri utama nyeri sendi yang kerap dialami penderita asam urat, yaitu :
  1. Rasa nyeri di persendian sering muncul malam hingga dini hari
  2. Nyeri terasa berdenyut-berdenyut
  3. Terdapat peradangan di area nyeri seperti bengkak, merah dan terasa panas
  4. Permukaan kulit di area nyeri sendi terlihat lebih mengkilap dan terkadang muncul benjolan

Apa Penyebab Asam Urat?


Makanan dan minuman yang mengandung purin tinggi adalah yang kandungan purinnya sekitar 100–1000 mg per 100 gram.

Jeroan, seafood dan alkohol serta kacang - kacangan adalah jenis makanan dan minuman lain yang memiliki kadar purin tinggi per 100 gramnya.

Tingginya kadar purin dalam tubuh akan membuat tugas ginjal dalam mencerna dan menyaring purin yang dikeluarkan melalui urine akan mengalami overload dan akhirnya sisa purin yang tidak dapat diproses oleh ginjal menumpuk dan menjadi kristal di persendian.

Berapa Batas Kadar Asam Urat Normal?


Berdasarkan beberapa referensi yang saya kumpulkan, angka batas normal kadar asam urat atau purin dalam tubuh berbeda - beda, namun batas maximalnya sama yaitu :
  • Pria dewasa: 3,1–7,0 mg/dL
  • Wanita dewasa: 2,4–6,0 mg/dL
  • Anak-anak: 2,0–5,5 mg/dL

Gejala dan penyebab asam urat
Gejala dan penyebab asam urat


Sayuran Apa Saja yang Boleh di Makan Penderita Asam Urat?


Bagi anda pecinta sayuran hijau seperti saya, ada beberapa jenis sayuran yang perlu dihindari atau dikonsumsi dalam jumlah sedikit agar tidak muncul penyakit asam urat.

Sayuran Penyebab Asam Urat


Berikut sayuran yang mengandung purin tinggi yang dikutip dari Halodoc, yaitu :
  1. Melinjo : Mengandung 150 miligram purin per 100 gram.
  2. Brokoli : Mengandung 81 mg purin per 100 gram
  3. Kubis Brussel : Mengandung 69 mg purin per 100 gram
  4. Bayam : Mengandung 57 mg purin per 100 gram
  5. Kacang Polong : Mengandung 50 miligram purin per 100 gram.
  6. Asparagus : Mengandung 23 mg purin per 100 gram
  7. Kembang Kol : Mengandung 23 gram per 100 gram
  8. Paprika hijau : Mengandung 79.8 gram purin per 100 gram.
  9. Daun Bawang jepang (negi) : Mengandung 48 gram purin per 100 gram.

Jika dilihat dari data diatas, bayam, kacang polong, asparagus dan kembang kol termasuk sayuran yang berkadar purin rendah, bahkan menurut penelitian dari British Medical Journal, konsumsi sayuran hijau masih aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat.

Namun, konsumsi bayam, kacang polong, asparagus dan kembang kol tetap harus dibatasi karena jika dikonsumsi lebih dari 100 gram maka tubuh akan mengalami kelebihan purin.


Sayuran dengan kadar purin tinggi
Sayuran dengan kadar purin tinggi


Sayuran Hijau yang Boleh di Makan Penderita Asam Urat


Lantas apa saja sayuran hijau yang boleh dikonsumsi penderita asam urat? Menurut Alodokter dan beberapa sumber lainnya adalah sayuran dengan daun berwarna hijau tua, seperti :

1. Sayuran Jenis Sawi

Dikutip dari WebMD, sayuran jenis sawi mengandung vitamin A, B6, C, E, dan K, berbagai mineral seperti kalsium, tembaga, kalium, zat besi, dan selenium.

Sawi sangat aman dikonsumsi penderita asam urat karena menurut Biological and Pharmaceutical Bulletin (2014), sawi hanya mengandung kurang dari 8,5 mg purin per 100 gramnya.

Kandungan sawi yang tinggi vitamin K sangat bermanfaat untuk melindungi kesehatan jantung, tulang, dan sendi. Begitu juga dengan Vitamin A yang dimiliki sawi dapat membantu dan mendukung proses kekebalan tubuh dalam memproduksi sel darah putih yang dibutuhkan untuk mengatasi komplikasi penyakit asam urat.

Yang termasuk sayuran jenis sawi adalah :
  • Sawi Putih
  • Caisim
  • Sawi Bunga (Sosin dalam bahasa Sunda)
  • Kailan
  • Bok choy (Pakchoy)
  • Sawi Keriting
  • Sawi Huma
  • Sawi Pagoda


sawi untuk penderita asam urat
Sawi, salah satu jenis sayuran hijau yang aman dikonsumsi penderita asam urat


2. Sayuran Jenis Selada


Dikutip dari Wikipedia, Selada adalah jenis sayuran yang memiliki kandungan vitamin K, vitamin A, folat dan zat besi cukup tinggi. Selada mengandung kadar purin rendah sehingga aman dikonsumsi penderita asam urat.

Terdapat tiga jenis selada, yaitu selada Romaine, selada air dan selada keriting.

3. Paprika Merah

Paprika merah adalah sayuran yang baik untuk penderita asam urat namun tidak demikian dengan paprika hijau.

Paprika merah memiliki kandungan rendah purin, antioksidan, Flavonoid dan vitamin C yang memiliki sifat anti inflamasi dan membantu mengurangi peradangan asam urat dan membantu mengurangi produksi asam urat dalam tubuh.

4. Timun

Timun adalah sayuran yang aman dikonsumsi penderita asam urat karena hanya mengandung 15.3 gram purin per 100 gram.

Selain keempat jenis sayuran hijau di atas, juga terdapat beberapa jenis sayuran dan buah - buahan yang sangat aman bahkan baik dikonsumsi penderita asam urat, yaitu :

  • Bawang bombay : Mengandung 2,7 mg purin per 100 gram
  • Daun bawang kucai (nira) : Mengandung 23 mg purin per 100 gram
  • Bawang putih : Mengandung 20 mg purin per 100 gram
  • Wortel : Mengandung 2,5 mg purin per 100 gram
  • Kentang : Mengandung 7.5 mg purin per 100 gram
  • Jagung : Mengandung 13,7 mg purin per 100 gram
  • Jahe : Mengandung 2,5 mg purin per 100 gram
  • Pisang : Mengandung 3,5 mg purin per 100 gram
  • Alpukat : Mengandung 2,1 mg purin per 100 gram


Sayuran hijau yang boleh dimakan penderita asam urat
Sayuran hijau yang boleh dikonsumsi penderita asam urat


Sayuran dan buah yang aman dikonsumsi penderita asam urat
Sayuran dan buah yang aman dikonsumsi penderita asam urat


Cara Menjaga Kesehatan Penderita Asam Urat


Menurut American College of Rheumatology (ACR), kadar asam urat normal adalah kurang dari 6,0 mg/dL, untuk itu, bagi penderita asam urat perlu menjaga kesehatan seperti :

  1. Konsumsi suplemen Ricasid dari Sido Muncul untuk meredakan nyeri akibat asam urat
  2. Batasi mengonsumsi sayuran, daging, jeroan dan ikan dengan kadar purin tinggi
  3. Menjaga berat badan dan Olahraga secara rutin
  4. Rajin minum air putih sesuai anjuran kesehatan


Cara Menjaga Kesehatan Penderita Asam Urat
Cara menjaga kesehatan penderita asam urat


Ricasid, Suplemen Herbal Pereda Nyeri Asam Urat

Ricasid untuk nyeri sendi asam urat
 Suplemen herbal dari Sido Muncul, Ricasid untuk meredakan nyeri sendi akibat asam urat

Apakah anda kerap memijat area sendi yang nyeri akibat asam urat? Wah, sebaiknya jangan dilakukan lagi ya, karena sendi yang nyeri dan meradang akibat kambuhnya asam urat dapat menyebabkan pecahnya gout. Akibatnya, peradangan akan semakin parah menyebabkan bengkak dan komplikasi nanah.

Jika nyeri sendi asam urat kambuh, sebaiknya anda mengonsumsi suplemen herbal pereda nyeri asam urat yaitu Ricasid dari Sido Muncul.

Produk Sido Muncul pastinya sudah diketahui dan terpercaya ya, seperti Jamu Tolak Angin, dan Tolak Angin Anak + Madu yang selalu menjadi andalan saya ketika suami dan anak masuk angin. Sementara favorit saya, tentu saja Estemje Original.

Lantas Ricasid dari Sido Muncul itu apa? Ricasid merupakan suplemen herbal yang dapat membantu meredakan pegal linu dan nyeri sendi akibat asam urat.

Tidak perlu khawatir karena Ricasid adalah obat tradisional yang mengandung ekstrak herbal alami dengan kandungan utama ekstrak Phaleria macrocarpa (mahkota dewa) yang dapat menghambat produksi purin dalam tubuh sehingga dapat menurunkan kadar asam urat didalam darah.

Ricasid hadir dalam kapsul kemasan botol dengan komposisis per kapsulnya mengandung Ekstrak Phaleria macrocarpa Fructus 200 mg, Alii sativi Bulbus 100 mg, Andrographidis Herba 100 mg, Curcuma domesticae Rhizoma 100 mg.

Anda dapat mengonsumsi Ricasid 3x sehari sebanyak 2 kapsul untuk mengurangi rasa nyeri sendi akibat asam urat.

Tidak ada efek samping dari penggunaan Ricasid dan Ricasid juga sudah terdaftar di BPOM dengan nomor BPOM TR 032326071.

Kesimpulan


Nyeri sendi akibat asam urat tidak akan lagi terasa dan kambuh selama anda menghindari asupan makanan terutama sayuran dan lauk pauk serta minuman dengan kadar purin tinggi.

Karena, hanya kita sendiri yang merasakan betapa hebatnya nyeri sendi akibat asam urat yang dirasakan, oleh sebab itu yuk jaga kesehatan mulai dari sekarang dan konsumsi Ricasid jika nyeri sendi akibat asam urat kambuh.

Eka FL
Mom bloger yang hobi menggambar dan bikin kue kering. Pecinta kucing dan tanaman, suka banget mie ramen dan bakso yang ngakunya post rocker tapi playlist KPop semua.

Related Posts

21 komentar

  1. Walah. Malah ada sayuran yang ndak boleh dikonsumsi terlalu banyak bagi pasien asam urat ya. Kupikir kan sayuran kan kaya akan vitamin gitu. Jadi, nggak akan ada masalah lah kalau mengonsumsinya. Tanpa pilih-pilih lagi sayurannya apa.

    BalasHapus
  2. Kasian sekali penderita asam urat, jenis makanan yang dikonsumsi pun dibatasi. Termasuk sayur mayur pun mesti diperhatikan dengan baik. Ternyata ada suplemen khusus untuk asam urat ya. Jadi Ricasid ini mengurangi rasa sakit akibat asam urat

    BalasHapus
  3. Penderita asam urat memang harus pilih makanan kalo tidak asam uratnya kambuh. Mama saya salah satu penderita asam urat. Sangat menjaga makan.

    BalasHapus
  4. Bermanfaat banget ni produk Sido Muncul buat penderita asam urat, n karena produk herbal tentunya lebih aman dikonsumsi dibanding produk non herbal ya

    BalasHapus
  5. Brokoli ternyata kadar purinnya tinggi dan masuk yang harus di hindari buat yang asam urat, informasi yang cukup mengejutkan buat saya. Selama ini taunya daun melinjo dan kacang kacangan aja yang harus di hindari

    BalasHapus
  6. Jadi bener kalau melinjo alias Tangkil mah jangan dikonsumsi sama yg punya asam urat ya...
    Terpaksa nih saya harus stop makan emping, hehe ... Demi kesehatan, wajib diikuti ya. Kecuali gak mau sembuh

    BalasHapus
  7. Melinjo tinggi juga ya kadar purinnya. Meski enak karena bisa dibuat aneka olahan masakan, kalau yang belum bisa move on harus banget deh membatasi

    BalasHapus
  8. Masih banyak yang nggak tahubahwa beberapa sayuran dipantang oleh orang yang asam uratnya tinggi. Pernah punya pengalaman menyebalkan tentang ini: dipaksa-paksa makan tumis kangkung, tetap kutolak, dan berujung dinyinyirin.

    BalasHapus
  9. Kacang-kacangan tuh bener buuuwanget. Ayah ku juga punya asam urat, kalo abis makan kacang rebus sama kacang goreng, wah langsung tuh malamnya nyeri-nyeri sendinya.

    BalasHapus
  10. Asam urat saat ini gak pandang usia yaa..
    Segala jenis usia bisa terkena asam urat dan kudu banget menghindari makanan yang membuat kadar purinnya tinggi. Dengan bantuan Ricasid, semoga lekas sehat kembali dan lebih disiplin dalam konsumsi makanan.

    BalasHapus
  11. Beberapa sayuran tinggi akan purin. Jadi emang gak cocok sama penderita asam urat, alias harus dihindari. Kacang panjang sepertinya juga tinggi purin. Dan untungnya ada Ricasid yang dapat meredakan nyeri karena asam urat.

    BalasHapus
  12. Gejala asam urat mirip dengan rematik. Kalau lagi kumat sepertinya mengganggu sekali untuk aktivitas. Semoga kita semua selalu sehat ya mbak

    BalasHapus
  13. Aku pernah sih checking ini tapi udah 2 tahun yang lalu dan normal wkwkw skrg masih ketar ketir kalo2 jadi ngga normal gituu huhu, semoga kita semua sehat2 ya

    BalasHapus
  14. Penderita asam urat memang harus menjaga banget makanannya. Salah sedikit saja, kumat. Ricasid akan membantu mengurangi keluhan, namun asupan makanan tetap harus dijaga.

    BalasHapus
  15. haduh, padahal suka banget sama brokoli dan kembang kol, jadi lumayan harus dikurangi dah sekarang-sekarang konsumsinya. Untungnya suka juga dengan alpukat yang masih boleh dikonsumsi kalau menderita asam urat. But anyhow, mudah-mudahan kita semua bisa menjaga kesehatan tubuh dan terhindar dari asam urat, ya

    BalasHapus
  16. Bener tuh kak. Aku jg ngurangin sayur2an yg bs nyebabin asam urat mkn tinggi. Dan sawi ini yg bs kumakan tiap hari. Soalnya kalo pake kubis/kol, malah bikin asam lambung jg. AKu jg kena, Mknya aku jaga dgn pola makan yg rutin dan rajin olahraga. Alhamdulillah skrg kadar asam uratku udh normal.

    BalasHapus
  17. Sebenernya banyak banget ya sayuran yang bisa dimakan untuk penderita asam urat. Dari jenis sawi aja udah banyak, belum lagi buah-buahan dan lainnya.

    BalasHapus
  18. Wah nggak semua jenis sayuran nggak boleh ya. Soalnya aku sering denger kalau asam urat nggak boleh makan sayuran. Lah masa nggak boleh semua ya? Baca artikel teh Eka jadi tahu nih sayuran apa aja yang boleh dimakan oleh penderita asam urat. Mamaku juga ada asam urat, mau rekomendasikan Ricasid dari Sido Muncul ahh. Biar nggak sakit sendi lagi.

    BalasHapus
  19. Aku malah pernah baca gitu kalau sebenarnya bukan berarti penderita asm urat tidak boleh makan sayur sama sekali ya

    BalasHapus
  20. Tanganku ini kemarin rasanya MasyaAllah, kaya panas mau lepas rasanya. Ini apa ya asam urat ya, tapi aku kerokin alhamdulillah lumayan. Ternyata daftar sayuran yang bisa dimakan jenisnya banyak juga ya. Masih aman sich tetep bisa makan sayur dan enak

    BalasHapus
  21. aku pernah lihat saudaraku yang menderita asam urat, persendian tangannya membesar jadi lebih sulit digerakkan. Dengan bertambahnya usia ,e,ang kudu lebih waspada ya, tapi kalau tahu obatnya begini agak tenang juga soalnya bisa segera tertangani

    BalasHapus

Posting Komentar