Cara Menggali Potensi Diri Seorang Blogger Untuk Berkarir di Dunia Digital

7 komentar
Cara Membuka Potensi Diri Seorang Blooger


Jangan keluar dari zona nyaman melainkan memperluas zona nyaman.

Itulah inti dari insight yang saya peroleh dari sharing session BRT bertajuk “Unlock your Potential : Transform your Blogging Passion Become a Professional Digital Career” bersama kak Putri SB, seorang Blogger Lifestyle & Parenting yang kini menjadi profesional digital marketer dan SEO Specialist. 

Wah, menarik bukan? Sebagai Blogger kita bisa punya pilihan karir lain di dunia digital yaitu menjadi digital marketer, konsultan, teacher hingga SEO expert seperti Kak Putri SB dengan cara unlock atau  membuka potensi diri kita sebagai seorang Blogger. 

Sering banget kan sebagai sebagai Blogger, kita merasa kek bimbang gitu seperti,

“Sampai kapan saya ngeblog ya?“
“Kok penghasilan dari ngeblog segini-segini aja sih?‘
Jadi blogger kok rasanya stuck ya, gak berkembang. Kenapa ya?”

Bahkan, beberapa teman saya menyatakan keluar dari zona nyaman agar berkembang.

Tapi setelah mengikuti sharing session BRT bersama Kak Putri, saya justru berpikir gak seharusnya kita keluar dari zona nyaman, toh sudah nyaman untuk apa keluar? Iya kan logikanya gitu? Yang perlu dilakukan adalah, memperluas zona nyaman untuk lebih berkembang.

unlock your potential
Sharing session BRT : Unlock your potential

sharing session BRT bersama kak putri
Sharing Session BRT bersama Kak Putri, Insightful

Jadi, siapa bilang menjadi Blogger itu stuck dengan pekerjaan “hanya” menulis saja? Oh tidak Fernando! Kita punya peluang pilihan karir lain di dunia digital yang linier dengan profesi Blogger.

Permasalahannya? Gimana caranya sih? Naahh, Kak Putri “membocorkan” rahasianya gimana cara menggali potensi diri seorang Blogger untuk meraih peluang karir di dunia digital. Penasaran kan? Yuk baca selanjutnya.

Ingat Alasan Kenapa Saya Ngeblog!


Momennya pas banget, ketika saya mengikuti sharing session BRT bersama Kak Putri adalah momen dimana saya sedang stuck sebagai Blogger.

Seminggu ini saya merasa lelah dengan deadline menulis dimana enam artikel harus selesai hanya dalam waktu 5 hari saja!

Saya pun overwhelmed, tiga hari begadang tanpa tidur dulu dan loss satu artikel dari jadwal yang sudah dibuat hingga telat report karena tertidur akibat kelelahan. Sedih dong dan dalam satu titik saya berfikir, “ Duh pengen udahan aja deh!”

Tapi gak mungkin banget lah saya berhenti hanya karena overwhelmed kan? Mood saya membaik keesokan harinya ketika mengantar si bungsu sekolah lalu sarapan burger dan menyantap dessert cireng banjur-nya Mamah Sultan di kantin sekolah SMA yang lokasinya di sebelah sekolah si bungsu.

Sambil sarapan ala-ala French kombinasi Sundanese, saya mengobrol dengan Macan Ternak, bestie saya di sekolah si bungsu. Macan Ternak tuh apa? Mama mama cantik antar anak sekolah,, hahahaha.

Dalam obrolan kami terlontar curhatan Mamah H, dia bilang pengen seperti saya yang walau dirumah tapi bisa kerja dan punya penghasilan sendiri. Saya Pun sumringah dong dan bilang,

“Sini aku ajarin nulis, aku ajarin ngeblog deh sampai bisa”,
“ Aku mah gaptek iiih Mah Kilan, bikin grup di WA aja aku malah minta tolong Mah Kilan kan?” jawabnya
“ Belajar dong! jangan nyerah duluan!” jawab saya,

Omongan saya seperti menohok diri sendiri sih, karena situasinya justru mengarah ke diri saya yang sedang down akibat exhausted. Tetiba saya tersadar, “ Kondisi dan permasalahan Mamah H adalah diri saya 5 tahun yang lalu”

Tahun 2018 saya pernah mengalami krisis identitas sebagai ibu. Merasa stuck dengan diri sendiri, gak bisa berkarya, gak tau gimana menghasilkan uang dan bosan dengan rutinitas.

Saya merasa bersyukur banget dikasih Allah SWT jalan menjadi Blogger pada tahun 2019 dan punya penghasilan sendiri, bertemu teman seprofesi dan mendapat ilmu.

Mendengar curhatan Mamah H membuat saya sangat bersyukur, lelah saya hilang dan ofkors, saya gak mundur dong jadi Blogger hanya karena overwhelmed.

Permasalahan saya hanya satu sebetulnya, saya perlu reset jam tidur dan mengubah pola tidur agar saya bisa mengerjakan semua pekerjaan tepat waktu tanpa kecolongan jam tidur malam

Jadi, ketika saya lagi down dari dunia per-blogging-an, saya harus selalu ingat Why-nya ngeblog itu apa. Begitu juga kalian. Alasan dasar kenapa saya nge-blog bisa menjadi pecut semangat loh and it works.


Perkembangan Blogger di Dunia Tahun 2024, Masih Worth It Gak Sih Jadi Blogger?


Masih dong! Hal ini dibuktikan dengan statistik dan data terkait perkembangan blog dari Internet Live Stats yang melaporkan bahwa :

Terdapat lebih dari 2,5 miliar postingan blog yang diterbitkan di seluruh dunia setiap tahunnya , yang setara dengan 6.912.000 postingan blog per hari dan 4.800 postingan blog per menit.

Perkembangan Blogger juga dinilai meningkat dari tahun ke tahun secara statistik yang dibuktikan oleh data dari beberapa situs analis data, berikut hasil statistik perkembang Blogger tahun 2024, yaitu :
  • Profesi Blogger dan kegiatan blogging telah tumbuh sebesar 12% sejak 2015
  • Jumlah blogger diperkirakan akan meningkat sebanyak 40% pada tahun 2028
  • Sejak tahun 2022, tercatat sudah ada lebih dari 600 juta blog
  • 77% pengguna internet membaca blog setiap hari.
  • 70% konsumen lebih suka membaca postingan blog daripada melihat iklan
  • 30% pembaca lebih suka membaca dan membagikan postingan blog yang memiliki nomor di judulnya
  • 62% pemasar mengatakan mereka menerapkan visual sebagai bagian dari konten blog.
  • 22% blogger memposting setiap minggu.
  • 2% blogger memposting setiap hari, dan 1% blogger memposting beberapa kali sehari.
  • Menurut survei, 21% pengguna di Amerika Serikat berusia 18 hingga 29 tahun menghabiskan waktu membaca blog di komputer dalam 4 minggu terakhir

berapa lama blogger membuat artikel
Data berapa lama rata-rata blogger membuat artikel (Sumber : serpwatch.io)

jumlah blogger di dunia
Jumlah blogger di dunia

Dengan melihat rangkuman data dan statistik diatas, tentunya kita bisa melihat bahwa profesi Blogger masih worth it banget dan memiliki peluang semakin besar di masa depan. Terlebih di dunia digital yang secara linier sejalan dengan profesi Blogger.

Profesi Blogger bisa menjadi pintu pilihan karir di dunia digital, gak hanya sebagai digital marketer atau SEO expert saja tapi juga seperti Programmer, Web development, Konsultan, Graphic Design, Digital Illustrator, Content Creator dan lain sebagainya.

Lantas gimana caranya memperluas zona nyaman profesi Blogger dan bisa berkarir di bidang digital lainnya? Yuk Baca selanjutnya resep ampuh Kak Putri unlock your potential  hingga bisa switch karir di dunia digital.

Cara Menggali Potensi Diri Ala Kak Putri


Perjalanan seorang Kak Putri switch career di dunia digital, bukanlah proses yang “ujug-ujug” hingga akhirnya bisa menjadi SEO expert dan digital marketer. Untuk itu Kak Putri melalui tahapan - tahapan dari nol sebagai Blogger lalu menjadi SEO Content Writer, Web Dev & SEO Specialist dan Full-Stack Digital Marketing di perusahaan dan Teaching.

Semua tahapan itu tidak berhenti ketika tahapan lain terpenuhi, melainkan beriringan dan masih berjalan hingga sekarang.

Sebagai Blogger Kak Putri memulai dari nol hingga pada satu titik Kak Putri merasa menjadi Blogger perlu progress dengan belajar penulisan dan SEO. Dengan belajar SEO, nyatanya menjadi peluang bagi Kak Putri menjadi SEO content writer hingga menjadi Content Expert.

Kak Putri mau belajar tanpa berhenti bahkan hingga begadang, ganti gadget yang awalnya tablet jadi menggunakan laptop hingga migrasi dari Blogspot ke Wordpress. Ketika belajar SEO, Kak Putri belajar dengan aktif, totalitas dan mengerjakan tugas hingga selesai.

Pesan penting dari Kak Putri dari poin ini adalah, 
“Bersyukurlah memperoleh kelas gratis dengan coach terbaik, maka totalitas lah belajar dan jadilah yang terbaik”.

Ketika menjadi SEO content writer pun, Kak Putri tidak berpuas diri. Tetapi totalitas, fokus dan menggali kesempatan yang bisa dilakukan. Kak Putri juga tetap belajar dan memperdalam SEO dan belajar web development juga Full-Stack Digital Marketing.

Untuk memperdalam skill dan Kak Putri juga mengambil kelas bersertifikat yang nantinya, sertifikat tersebut penting sebagai penunjang portofolio.

Kak Putri bahkan mau mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk mengikuti kelas dan berusaha menjadi yang terbaik yang pada akhirnya di notice oleh pengajar dan diajak project dan menjadi pengajar.

Penasaran kan dengan gimana cara Kak Putri bisa memperoleh peluang karir di dunia digital selain menjadi Blogger? Faktor-faktor apa saja yang membuat potensi diri kita sebagai Blogger bisa tergali? Berikut caranya.


basic core blogger
Basic core blogger


1. Kembangkan Basic Core Blogger


Karena profesi awalnya kita adalah menjadi Blogger, tentu saja basic core-nya perlu digali, di asah dan kembangkan.

Terkait hal ini tetiba saya ingat content writing skill yang dipaparkan Kang Miftah di kelas online BRT sebelumnya yang senada dengan yang dipaparkan kak Putri, yaitu kemampuan menulis.

Basic core Blogger kan emang menulis jadi skill ini gak hanya harus dipertahankan tapi juga dikembangkan. Ikut kelas free atau berbayar, webinar, bootcamp....ya all of it pokoknya.

Tapi selain menulis, kita juga perlu menggali potensi diri kita yang lain untuk meraih peluang karir di dunia digital, potensi diri apa saja yang perlu di gali?


1). Portfolio

Blogger butuh portfolio? Ofkors. Portofolio seperti apa sih? Portfolio bisa menjadi media “pamer” dan “sombong” keahlian atau skill yang kita miliki. Buatlah portfoloio yang menarik yang berisi kemampuan dan pengalaman kita. Untuk menambah value protfolio, maka kita perlu upgrade skill tentunya. 

2). Communication

Kemampuan bahasa dan komunikasi merupakan salah satu basic core Blogger yang tentunya wajib dimiliki. Jika kita ingin switch karir atau memperluas peluang karir di dunia digital melalui profesi Blogger, maka kita perlu menggali dan mengasah kemampuan berbahasa dan berkomunikasi.

Terbukti kan dengan beberapa marketplace jasa backlink yang kini menyediakan backlink berbahasa inggris? Tidak mungkin kita selalu mengandalkan Grammarly atau Google translate untuk membuat artikel bukan? Yang bahkan hasil terjemahannya selalu banyak revisi karena tata bahasa yang kurang tepat. Pengalaman sih, hehehe.

Oleh sebab itu, belajar bahasa asing selain meningkatkan skill penulisan, menambah value portfolio juga bisa menjadi peluang karir di dunia digital. Menjadi penerjemah misalnya melalui koneksi teman seprofesi, bukanlah hal yang tidak mungkin.

Untuk itu, kemampuan berkomunikasi juga sama pentingnya. Skill menerjemahkan sudah bisa nih, skill berbahasa asing bagus, skill menggambar digital juga oke banget, tapi kalau kemampuan berkomunikasi kita masih buruk maka akan sulit saat bernegosiasi atau sekadar chit-chat “pamer” skill.

3). Variable skill

Selain kemampuan berbahasa asing dan berkomunikasi kita juga perlu memiliki variabel skill lain seperti pitching atau personal branding.

4). Education

Pendidikan itu adalah investasi masa depan, setuju ya? Gak hanya pendidikan formal dengan memperoleh gelar tapi juga pendidikan terkait profesi yang kita jalani sebagai Blogger. Mengikuti kursus, webinar dan bootcamp bisa menjadi pilihan bagi blogger level up pendidikan mereka terkait profesi Blogger dan dunia digital.

Kelas online atau Bootcamp di Qubisa misalnya, yang menyediakan beberapa kelas terkait penulisan, copywriter, digital marketing, Communication dan kelas - kelas lain dengan topik yang mendukung profesi Blogger.


2. Tingkatkan Kemampuan Life Skill


Selain basic core blogger, Kak Putri punya cara lain untuk menggali potensi diri, yaitu membangun habit Life skill dalam setiap proses pembelajaran dan dalam melakukan pekerjaan, yaitu :

1). Fast Learner

Jadilah orang yang punya kemauan dan mampu menjadi fast learner dengan cara pilih topik apa yang ingin dipelajari lalu pelajari secara bertahap dengan cara cepat.

2). Never give up

Jangan menyerah dengan kondisi, permasalahan hingga trouble pada gadget yang dihadapi. Ketika kita mengalami kegagalan, hal itu menjadi batu pijakan untuk meraih kesuksesan dimasa depan.

3). Networking

Selalu perlu networking dengan cara mau bersosialisasi baik di komunitas online maupun offline. Perbanyak mengikuti acara offline dan berkenalan dengan siapapun, ajak bicara, meminta nomor kontak dan berikan kesan yang baik.

Untuk itu, perlu skill berkomunikasi bukan? Nah, skill berkomunikasi pada basic core blogger sangat bermanfaat di sini.

4). Management Skill

Management skill sangat penting dalam level up skill baik dalam manajemen waktu, keuangan dan juga manajemen lainnya.

5). Self Control

Self control adalah gimana caranya mengendalikan diri sendiri dari serangan dari luar. Kita gak bisa mengendalikan apa yang terjadi di luar tapi kita bisa mengendalikan diri kita sendiri bagaimana merespon agar kita bisa fokus pada tujuan kita. Pilih mana yang bermanfaat bagi perkembangan karir dan mana yang tidak.

6). Adaptability

Kita perlu punya kemampuan beradaptasi di setiap tahapan dan proses yang dilalui dengan cara menjadi fast learner yang memiliki self control dan self management.

life skill blogger
Pengembangan life skill Blogger


3. Jangan Berhenti Optimalisasi Diri


Bagaimana cara agar kita bisa dan mampu mengembangkan basic core blogger dan life skill? Caranya adalah dengan jangan berhenti optimalisasi diri. Hal ini berlaku tidak hanya di awal meniti karir tapi juga di setiap tahapan proses, yaitu :


1). Setting Goal

Setting goal adalah menetapkan tujuan. Pilihan karir apa yang ingin kita raih? Kita ingin menjadi apa? Melakukan apa? Maka buatlah tujuan yang jelas disertai langkah konkrit yang bisa dilakukan.

2). Learn More

Setelah membuat tujuan, maka belajar. Misal, ingin menjadi SEO Expert maka belajarlah SEO. Ikut kursus, webinar ataupun bootcamp baik yang free terlebih yang berbayar. Sediakan waktu luang setiap harinya untuk belajar, minimal 1-2 jam/hari.

3). Do The Best

Setelah membuat tujuan dan mau belajar, maka lakukan yang terbaik ketika mengimplementasikan apa yang sudah dipelajari. Jangan berpuas diri sebelum melakukan evaluasi.

4). Objected Evaluation

Evaluasi diri secara objektif apa yang sudah kita lakukan. Evaluasi apa saja tahapan yang sudah dilakukan dalam daftar tujuan. Mana yang sudah berhasil, mana yang belum lalu buat analisa perbaikan dan action.

Setelah mendapat hasil objective evaluation, maka kembali lagi membuat setting goal baru untuk memperbaiki diri, belajar lagi, do the best lagi dan kembali evaluasi diri.

Empat optimasi diri ini merupakan lingkaran tahapan proses yang berulang secara signifikan secara terus menerus tidak hanya dalam satu titik tapi dari semua tahapan dan proses yang akan atau ingin dijalani.

4. Bangun Good Habit


Membangun good habit merupakan basic core dari optimalisasi diri yang terdiri dari :
  1. Focus
  2. Discipline
  3. Push yourself to the limit
  4. Stop making excuse
  5. Positive affirmation
  6. Clear goals
  7. Mind mapping
  8. Think and do like i want
Delapan poin diatas merupakan good habit yang perlu diasah, dilatih, dikembangkan dan dilakukan secara konsisten.

Tidak ada mana yang lebih penting, semua penting karena satu sama lain saling mendukung dalam menggali potensi diri, menjadikannya modal untuk meraih peluang karir di dunia digital.

cara mengembangkan diri di dunia digital
Cara mengembangkan diri di dunia digital

optimalisasi diri seorang blogger
Optimalisasi diri seorang Blogger


Kesimpulan


Sharing session BRT bersama Kak Putri bagi saya pribadi seperti mata air ditengah sahara sih, ahiiw. Beneran deh, karena seperti saya bilang di atas kan kalo momennya tuh pas dengan momen saya yang lagi exhausted dan tetiba pengen, “udahan deh!”.

Padahal gak beneran udahan kan? Cuman cape aja karena managemen waktu yang masih belum oke. Akhirnya ya kecapean sendiri. Masih trial and error sih bagi saya pribadi soal managemen waktu ini, tapi soal menggali potensi diri yang lain yang Kak Putri share, insya allah lah ya pasti bisa.

Yang penting seperti Kak Putri bilang, kita perlu konsisten dan dengan sadar why-nya kita ngeblog, berpegang pada itu, mau belajar, gak nyerah, tetapkan tujuan, bikin mind mapping and the most importand mau struggle dan berjuang. Karena kerja keras gak pernah mengkhianati hasil. 

Kak Putri bisa membuktikan bahwa dengan menggali potensi diri bisa meraih pilihan karir di dunia digital, Kak Putri aja bisa, kita juga pasti bisa!

Jadi, sebagai Blogger kita bisa banget punya karir lain di dunia digital. Ya gak kudu sama persis dengan Kak Putri juga, tapi kamu bisa menjadi apapun yang kamu mau dimana kamu capable with it and you love it.

Misalnya kamu suka ngutak ngatik kode, ofkors kamu bisa jadi web development, Blogspot Expert, Wordpress Expert, Translator, hingga digital illustrator (seperti saya tapi mandeg karena masih kurang menggali potensi diri, hihihi) hingga peluang bisnis loh sebetulnya.

So, unlock your potential right now!

Referensi data statistik perkembangan Blogger
https://luisazhou.com/blog/blogging-statistics/
https://financesonline.com/number-of-us-bloggers/
https://serpwatch.io/blog/blogging-statistics/
https://masterblogging.com/how-many-blogs-are-there/

Eka FL
Mom bloger yang hobi menggambar dan bikin kue kering. Pecinta kucing dan tanaman, suka banget mie ramen dan bakso yang ngakunya post rocker tapi playlist KPop semua.

Related Posts

7 komentar

  1. ya Allah kak.. kamu mengingatkanku dulu awal suka ngeblog gara-gara biar banyak yang baca soalnya suka nulis.. lanjut dapat duit.. tapi makin kesini aku sering lupa kalo pas job sepi, blognya ikut sepi

    BalasHapus
  2. Serasa tertampar nih, salut dengan kak Putri ya, kalau kak Putri bisa, harusnya kita juga bisa, karena kesempatan yang diberikan juga sama 24 jam, optimalkan waktu yang ada untuk merencanakan tujuan dan menjalaninya agar mencapai tujuannya

    BalasHapus
  3. Keren banget bisa bertahan blogging. saya aja rasanya kayak mau menyerah, karena ngerasa stag gini aja jadi blogger. Jadi tertampar baca ini, nggak boleh nyerah 🥲

    BalasHapus
  4. Tertohok soal manajemen waktu, huhuhu. Sekarang update blog palingan dua pekan sekali. Bener sih, mesti ditengok kembali strong why-nya, kenapa dulu awalnya suka ngeblog. Oiya makasih sudah berhasil statistiknya, Kak. Jadi ikut semangat lagi karena dunia blog masih menjanjikan kok, dan kalaupun bukan untuk tujuan finansial tetap saja sayang kalau betulan berhenti.

    BalasHapus
  5. aku kalau lagi males ngeblog, juga jadi flashback alasan ngeblog mbak, jadi ini seperti pemacu kita buat jangan males.
    Setuju banget mbak, kalau blogger nggak hanya nulis aja kerjaannya, apalagi kalau kita berniat ingin menggali lebih banyak kerjaan dari dunia blogging dan teknologi. Belajar menguasai web development dan teknik lainnya ga bakalan bikin kita males.

    BalasHapus
  6. Senang banget rasanya pas tahu profesi blogger ini masih sangat worth it dijalani untuk ke depannya meskipun harus berjuang di tengah gempuran platfrom lain. Semoga makin banyak anak-anak muda jadi generasi penerus kita-kita ya mbak.

    BalasHapus
  7. Kalau memang sudah berada di zona nyaman, mungkin sebaiknya memperluas relasi saat kita berada di zona nyaman itu ya kak. Memang zona nyaman membuat terlena

    BalasHapus

Posting Komentar