Alta School, Homeschooling Terbaik di Indonesia Untuk Jenjang SD

20 komentar
Homeschooling Terbaik di Indonesia Untuk Jenjang SD


Bicara soal pendidikan anak terutama jenjang SD, tentunya hal ini menjadi perhatian penuh para orangtua. Pilihan lembaga pendidikan hingga metode pun terbuka lebar sehingga orang tua dapat memilih pendidikan terbaik untuk anak - anak mereka.

Terkadang, pilihan tersebut muncul karena value yang dimiliki keluarga tersebut. Value seperti apa? Tentu saja value yang dipahami dan disepakati oleh kedua orang tua termasuk metode belajar - mengajar dan kurikulum dari sebuah lembaga pendidikan baik sekolah konvensional maupun homeschooling melalui sekolah online.

Ada banyak kelebihan dari homeschooling dan anda tidak sendirian, sudah tersedia dukungan penuh terhadap orangtua dengan homeschooling seperti komunitas homeshcooling dan lembaga pendidikan sekolah online, seperti Alta School.

Bagi anda yang sedang mengenal homeschooling dan mencari dukungan penuh dari Homeschooling Terbaik di Indonesia, yuk baca selanjutnya.

Homeschooling Adalah


Apa itu homeschooling? Istilah Homeschooling berasal dari bahasa Inggris yaitu home dan school yang jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia artinya “sekolah rumah”.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No 129 Tahun 2014, menjelaskan bahwa homeschooling adalah pelayanan pendidikan yang sadar dan terencana oleh orang tua atau keluarga baik di rumah maupun di tempat kondusif lainnya.

Adapun metode homeschooling diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Homeschooling Mandiri : Metode homeschooling dimana orang tua berperan sebagai pendidik secara penuh serta menyusun dan membuat kurikulum serta materi pembelajaran.
  2. Homeschooling Berbasis Lembaga : Merupakan Lembaga pendidikan yang menyediakan program homeschooling dan lebih menekankan pada sistem sekolah online
  3. School at Home : Metode homeschooling yang sama dengan sistem pendidikan formal
  4. United Studies : Metode homeschooling berbasis tema.
  5. Charlotte Mason : Metode homeschooling melalui pengalaman nyata
  6. Classical : Metode homeschooling yang menggunakan tiga tahapan perkembangan anak Waldorf : Metode homeschooling yang menekankan perkembangan anak seutuhnya dengan memupuk kreativitas anak, ekspresi seni, dan kecintaan terhadap alam
  7. Montessori : Metode homeschooling berbasis lingkungan sekitar
  8. Eclectic : Metode homeschooling yang menggabungkan beberapa metode pembelajaran tertentu yang disesuaikan dengan kebutuhan yang ada

Metode homeschooling bisa disesuaikan dengan value dan kebutuhan keluarga terlebih anak. Mau menggunakan metode yang mana tentu menjadi pilihan bukan? Seperti disebutkan di awal bahwa tidak ada definisi tunggal mengenai homeschooling, jadi orang tua bebas menerapkan metode seperti apapun sesuai dengan kebutuhan anak.

Bahkan, orang tua bisa kok mengikutsertakan anak sekolah online atau online school dan dan dikombinasikan dengan metode montessori atau Waldorf. Metode ini termasuk metode homeschooling eclectic ya Mom.

homeschooling adalah
Pengertian homeschooling

 
Kelebihan Homeschooling
Kelebihan Homeschooling

Kelebihan Homeschooling dan Manfaat Homeschooling Untuk Anak


Prof.Dr. Arief Rahman, mengatakan bahwa kelebihan Homeschooling adalah proses belajar yang berdekatan dengan orang tua. Namun selain proses belajar yang berdekatan dengan orangtua, ada kelebihan dan manfaat lain dari homeschooling untuk anak yaitu :
  • Anak mendapat perhatian penuh dari orang tua
  • Anak memiliki waktu belajar fleksibel yang bisa disesuaikan dengan kecepatan belajar dan jadwal
  • Anak mendapat lingkungan belajar yang kondusif
  • Orang tua dapat lebih fokus pada pengembangan bakat dan minat anak
  • Orang tua dapat membuat kurikulum yang disesuaikan dengan bakat dan minat anak

Kendala Orang Tua Dalam Homeschooling


Dengan segala kelebihannya, homeschooling menjadi pilihan metode mendidikan anak selain di sekolah formal. Namun, dalam pelaksanaannya, tentu tidak semudah yang direncanakan. Permasalahan seperti metode ajar dan kurikulum terkadang menjadi kendala orangtua dalam homeschooling.

Lantas apa solusinya? Anda dapat mengikuti salah satu metode homeschooling yaitu Homeschooling Berbasis Lembaga dimana Anda dapat mengikutsertakan anak - anak dalam sekolah online yang sudah memiliki sistem pembelajaran dan kurikulum lalu menggabungkan dengan metode homeschooling yang sesuai dengan kebutuhan anak.

Misalnya anak berbakat dalam dunia seni musik, maka anda dapat mengikutsertakan dalam komunitas musik, les musik, menghadiri konser dan lain sebagainya.

Sekolah Online, Solusi Kendala Homeschooling


Bagi anda yang memutuskan untuk meng-homeschooling-kan anak - anak karena beberapa alasan, seperti anda bekerja selalu berpindah - pindah kota, ingin menciptakan lingkungan belajar yang lebih kondusif, ingin memberikan perhatian penuh terhadap pendidikan anak atau seperti kasus diatas dimana anda masih beradaptasi dengan kurikulum dan materi pembelajaran, maka sekolah online dapat menjadi solusi homeschooling.

Sekolah online adalah proses pembelajaran yang menggunakan metode daring secara menyeluruh atau sebagian besar yang dilakukan tanpa adanya tatap muka dalam ruang kelas antara murid dan guru. Sekolah online memiliki kelebihan dan manfaat untuk anak diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Kurikulum dan materi pembelajaran sudah disediakan oleh lembaga pendidikan sekolah online
  2. Sekolah online lebih praktis dan fleksibel dimana anak dapat belajar dirumah atau diluar ruangan
  3. Materi pembelajaran lebih luas dan menyenangkan
  4. Tutor atau pengajar yang lebih atraktif, komunikatif dan ramah anak
  5. Jadwal pembelajaran dapat disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan
  6. Kemudahan dalam Mengakses Materi

Itulah kelebihan sekolah online sebagai solusi dari kendala - kendala homeschooling yang kerap dialami orangtua terutama terkait kurikulum dan materi pembelajaran. Di Indonesia sudah hadir beberapa lembaga sekolah online, salah satunya adalah Alta School.

sekolah online adalah
sekolah online adalah

Manfaat sekolah online untuk anak
Manfaat sekolah online untuk anak
  

Alta School, Support System Homeschooling Terbaik di Indonesia


sekolah online alta school
Sekolah online terbaik Alta School


Alta School merupakan homeschooling terbaik di Indonesia yang berpusat di Jakarta Selatan, bisa menjadi pilihan anda dalam memilih lembaga sekolah online untuk anak anda. Alta School memiliki program sekolah online untuk jenjang PAUD hingga Sekolah Menengah Atas (SMA).

Alta School memiliki metode blended learning dengan konsep live teaching interaktif dan aktivitas mandiri yang setara dengan sekolah konvensional. Alta School dapat menjadi sekolah utama dan/atau sekolah pendamping dengan waktu belajar yang fleksibel.

homeschooling alta school
homeschooling alta school


Kelebihan Alta School

  1. Metode pembelajaran untuk anak didesain menjadi adaptif sesuai perkembangan zaman dan teknologi, tanpa mengesampingkan kualitas pendidikan yang diberikan.
  2. Proses pendidikan di homeschooling Alta School dirancang dengan saksama agar para siswa mampu menunjukkan karakter unggul seperti Berbudaya, Berani, mencoba, Pemikir Kritis, Mandiri, Berpengetahuan, Kreatif, Kolaboratif, Komunikatif, Selalu Ingin Berkembang, dan Berempati
  3. Setiap anak dapat belajar dengan cara sendiri dan mengekspresikan kreativitas.
  4. Memiliki fasilitas, teknologi, metode pembelajaran serta pengajar yang didesain untuk menghadapi model pembelajaran di masa depan secara online
  5. Belajar online di Alta School fokus pada Laporan perkembangan hasil belajar anak dalam satu bulan dan pemberian rapor semester secara terjadwal kepada orang tua.
  6. Siswa akan menerima Learning kit, modul pembelajaran, dan aktivitas mandiri melalui platform ruang kelas di aplikasi Ruangguru
  7. Assessment/Penilaian Kelas di Alta School lengkap, diantaranya yaitu aktivitas mandiri dan home-Based project.
  8. Alta School secara reguler menyelenggarakan Parents meet-up 1 bulan 1x


kelebihan alta school
Kelebihan Alta School

Program Alta School


Alta School memiliki program sekolah online sesuai dengan jenjang pendidikan seperti halnya sekolah konvensional, yaitu :
  1. Jenjang PAUD
  2. Jenjang SD kelas 1 - 6
  3. Jenjang SMP
  4. Jenjang SMA
  5. Program Bilingual

Setiap program pendidikan sesuai dengan jenjang memiliki fasilitas yang sama dengan metode dan biaya yang berbeda sesuai dengan kebutuhan pembelajaran.


Bagaimana Proses Belajar di Alta School?


Alta School mengusung metode belajar dengan blended learning  dengan menyenangkan dimana guru dan siswa dapat melakukan kegiatan belajar secara online dengan tetap mempertahankan efektifitas pembelajaran.

Fasilitas Alta School


1. Live Teaching Interaktif

Pembelajaran tatap muka secara interaktif sebanyak 5-6 kali pertemuan di tiap minggunya. Durasi belajar 40 s.d 60 menit.

2. Home-based Project

Metode belajar blended learning mengkombinasikan antara live teaching dengan kegiatan berbasis proyek dan eksperimen online.

3. Learning Kit

Fasilitas penunjang kegiatan belajar anak yang dikirim langsung ke rumah siswa setiap 2 bulan sekali.

4. Aktivitas Mandiri (Self Assessment)

Kelas online berisi materi yang sudah dipersonalisasi menyesuaikan dengan kemampuan kognitif anak di jenjang sekolah dasar.

5. Pendidikan Karakter

Program konseling untuk jenjang sekolah dasar (SD) secara online untuk membangun kecerdasan sosial-emosional anak.

6. Modul

Modul digital untuk menunjang kegiatan belajar homeschooling untuk siswa SD (sekolah dasar)

7. Laporan Pembelajaran

Laporan perkembangan hasil belajar anak dalam satu bulan dan pemberian rapor semester secara terjadwal kepada orang tua.

fasilitas alta school
Program dan fasilitas Alta School

Homeschooling Online Interaktif untuk SD di Alta School

Bagi anda yang memiliki anak usia SD seperti saya, Alta School bisa menjadi pilihan homeschooling yang tepat karena memiliki kelebihan dan fasilitas terbaik.

Bagaimana Proses Belajar SD di Alta School? Dengan metode belajar blended learning, kegiatan homeschooling secara virtual di Alta School terutama untuk jenjang sekolah dasar (SD) tetap mengacu pada kurikulum nasional, menyenangkan dan efektif dengan tiga kelebihan yaitu :
  • Virtual live teaching interaktif
  • Mengerjakan tugas metode home-based project
  • Sesi belajar dengan aktivitas mandiri (self-assessment)

Kelebihan Program jenjang SD  di Alta School 


Kelebihan dari belajar online di Alta School di jenjang SD (sekolah dasar), diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Guru-guru di Alta School merupakan guru yang berpengalaman mengajar anak-anak dan guru pilihan
  2. Materi SD di Alta School sama seperti sekolah konvensional yang terdiri dari literasi baca-tulis, literasi numerasi, literasi saintifik, bahasa inggris, seni & olahraga, dan pendidikan agama
  3. Sistem pembelajaran berfokus pada Laporan perkembangan hasil belajar anak dalam satu bulan dan pembagian rapor semester secara terjadwal kepada orang tua.
  4. Pembelajaran live teaching interaktif 5-7 kali per minggu
  5. Siswa akan mendapatkan modul dan learning kit yang akan dikirimkan ke rumah masing-masing
  6. Siswa akan menerima laporan pembelajaran secara terjadwal

Berikut materi pembelajaran utama Homeschooling Online Interaktif untuk SD Kelas 1-6 di Alta School, yaitu :

  1. Literasi Baca-tulis : Menulis dan mengolah bacaan menjadi sebuah bentuk yang memiliki makna dan informasi.
  2. Literasi Numerasi : Mengolah angka dan simbol menjadi informasi yang bisa diaplikasikan ke dalam permasalahan sehari-hari.
  3. Literasi Saintifik : Kemampuan menerapkan penguasaan sains mengenai Fenomena-fenomena alam yang dialami siswa sehari-hari.
  4. Literasi Sosial Budaya/ Life skills : Kemampuan individu dalam bersikap terhadap lingkungan sosialnya sebagai bagian dari suatu budaya dan bangsa.
  5. Bahasa Inggris : Pembelajaran Bahasa Inggris bertujuan untuk mempersiapkan siswa dengan kompetensi abad ke-21 dan akan berkonsentrasi pada keterampilan percakapan bahasa Inggris, yang bertujuan untuk mengembangkan komunikasi, interaksi dan kefasihan bahasa Inggris.
  6. Aspek Seni & Olahraga : Melakukan aktivitas interaktif dari segi kreativitas dan jasmani dengan tujuan melatih kemampuan seni dan motorik.

program kelas online sd alta school
Program kelas online sd alta school


Testimoni Siswa Alta school


Bagaimana pengalaman siswa yang belajar di sekolah online Alta School? Mostly puas dan anak mengalami perubahan dalam pembelajaran secara signifikan. Seperti salah satu siswa Alta School yang mengikuti program jenjang SD kelas 1 yaitu Siti Khanza Putri Lirik yang kerap disapa Khanza.

Khanza Bergabung di Alta School karena Homeschooling Alta School adalah salah satu pendidikan yang memiliki metode belajar sangat baik dimana orang tua dapat mengobservasi dan mengeksplorasi bakat anak dari rumah.

Homeschooling sekolah online di Alta School juga dirasakan Khanza nyaman, aman, dan gurunya sangat sabar. Orang tua Khanza pun merasa anaknya mengalami banyak perkembangan selama sekolah di Alta School yaitu semakin mengerti pelajaran yang sudah dipelajari dan menjadi tahu banyak hal baru dan peningkatan prestasi akademik.
“Senang dan aman. Selain itu, sekolah Alta School ini juga suka bikin tantangan yg seru sehingga anak-anak juga merasa happy dan excited dengan tantangan tersebut”, ujar Litaly orang tua Kahnza.

“Pesan untuk calon orang tua murid yang ingin bergabung adalah bagi saya seorang pekerja seni, sekolah online ini menjadi sekolah utama untuk anak saya karena lebih terpercaya dan aman dari aspek pembulian di luar sana yang lagi marak, semoga bisa paham dengan pembelajaran metode seperti ini dan semoga betah.” Tutup Litaly.

testimoni alta school
Testimoni Alta School


Eka FL
Mom bloger yang hobi menggambar dan bikin kue kering. Pecinta kucing dan tanaman, suka banget mie ramen dan bakso yang ngakunya post rocker tapi playlist KPop semua.

Related Posts

20 komentar

  1. Wahh ada kelas bilingualnya. Keren ya Alta school. Dengan biaya segitu sudah dapat fasilitas yg cukup lengkap jadi ortu gak bingung cari modul dan bikin kurikulum sendiri.

    BalasHapus
  2. Homeschooling memang aman dari peristiwa pembullyan yang sekarang makin mengkhawatirkan orang tua. Tapi tantangannya juga berat untuk mendisiplin anak tetap fokus belajar mandiri di rumah.

    BalasHapus
  3. Homeschooling pastinya ada plus minusnya ya. Tinggal disesuaikan dengan kebutuhan si anak. Kalo mau homeschooling, bisa banget nih pilih Alta School. Fasilitas cukup lengkap dan paket pembelajaran bervariasi

    BalasHapus
  4. Pasti menyenangkan sekali homeschooling khususnya bagi ibu yang bisa mendampingi anak-anaknya belajar. Alta School keren, menyediakan paket bilingual juga, jadi siswa-siswanya bisa bersaing dengan anak-anak non homeschooling.

    BalasHapus
  5. wah homeschooling tapi online? pilihan asyik nih, sangat membantu buat ortu yang pilih homeschooling tapi butuh support

    BalasHapus
  6. saat memilih untuk home schooling, orang tua harus tahu benar apa saja yang dibutuhkan anak untuk belajar dirumah. Dengan mempelajari dengan baik apa yang ditawarkan dan mencocokkan dengan kebutuhan tentu akan menjadi sangat baik. Alta school ini boleh banget dicobain yah

    BalasHapus
  7. Buat yang senang dan cocok menerapkan homeschooling, apalagi dengan daring. Pasti alta menjadi pilihan yang tepat

    BalasHapus
  8. Homeschooling jadi pilihan menarik buat di masa kini ya. Apalagi didukung dengan kurikulum dan beragam manfaat lainnya. Sehingga wajar saja orangtua masa kini pun memilih metode homeschooling untuk anaknya, terlebih bisa belajar secara online pula

    BalasHapus
  9. Kalau kita tinggal di desa, homeschooling masing menjadi sesuatu yang asing. Cuma memang, homeschooling tuh kayak salah satu solusi buat orang tua yang ingin memperhatikan secara penuh soal pendidikan anak.

    Keberadaan Alta School menjadi satu alternatif yang soal pilihan homeschooling berbasis lembaga yang terbaik.

    BalasHapus
  10. Bagus juga nih kalau ada lembaga yang support para homeschooler seperti Alta School ini. Orang tua jadi ada back up dan nggak bingung soal kurikulum.

    BalasHapus
  11. Sekarang pilihan sekolah makin banyak ya
    Homeschooling seperti ini salah satunya
    Bisa jadi alternatif untuk pendidikan anak anak

    BalasHapus
  12. Sekarang pilihan sekolah makin banyak ya
    Homeschooling seperti ini salah satunya
    Bisa jadi alternatif untuk pendidikan anak anak

    BalasHapus
  13. Pendidikan berdasarkan karakter anak nih perlu banget ya kak. Apalagi kalo dikaitkan dgn teknologi/science terkini dan agama. Jd pendidikan akan selaras antara ilmu duniawi dan akhirat. Alta School ini emng keren bgt ya kak. Bgs jg kurikulumnya.

    BalasHapus
  14. Walau harganya gak jauh beda sama sekolah regular swasta, tapi Homeschooling Alta School bisa jadi pilihan terbaik karena fasilitasnya itu lho worth it buanget.

    BalasHapus
  15. Mantap nih ada kelas bilingualnya. Iya juga ya. Dengan si kecil disekolahkan secara daring dengan bimbingan guru terjamin gini, lingkungan sosialiasi anak terperhatikan dan bisa terhindar dari perisakan yang kemungkinan terjadi di sekolah konvensional.

    BalasHapus
  16. Sebelum anak memasuki usia sekolah orang tua harus benar-benar memikirkan metode pendidikan untuk anaknya, banyak pertimbangan yang harus dipikirkan. salah satunya pilihannya adalah home schooling. Informasi lengkap kaya gini sangat membantu orang tua yang bingung memilih sekolah untuk anak-anaknya...

    BalasHapus
  17. Kalo Homeschooling satu dengan lainnya itu, kurikulumnya bearti beda-beda ya. Bisa juga mungkin kurikulum sekolah biasa sama di homeschooling bisa beda juga ya.

    BalasHapus
  18. Wah, homeschooling di Alta School bisa banget jadi salah satu rekomendasi lembaga homeschooling yang melayani para homechooler ini.

    BalasHapus
  19. Adanya lembaga homeschooling seperti Alta School ini membantu banget buat ortu yang memilih homeschooling untuk anaknya. Tapi tetep siiih, ortu mesti siap lahir batin dan punya bekal keilmuan supaya potensi anaknya terasah optimal.

    BalasHapus
  20. Program unggulannya bikin teretarik nih, tinggal siapin aja dananya hehe,., Sebenernya memang homeschooling itu ada kekurangan ada kelebihan. Apalagi kalau di bidang sosialnya harus bener-bener intens diajak komunikasi

    BalasHapus

Posting Komentar